nusakini.com - Jakarta - Dua orang Penyuluh Kehutanan Provinsi DKI Jakarta menerima penghargaan tingkat nasional dari Badan Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) karena berhasil memperoleh nilai tertinggi selama mengikuti Diklat Pembentukan Penyuluh Kehutanan Tingkat Ahli Tahun 2019.

Penghargaan diberikan masing-masing kepada Exas Daniel Lumban Gaol, sebagai nilai terbaik kedua dengan perolehan nilai 83 dan Briliana Losdy sebagai nilai terbaik ketiga dengan perolehan nilai 81.

Kepala Bidang Kehutanan Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta, Yeni Yunaeni mengatakan, penghargaan ini diharapkan menjadi energi baru bagi Tim Penyuluh Kehutanan DKI Jakarta dalam upaya meningkatkan kelestarian lingkungan kota.

"Selain kelestarian lingkungan kota tapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan kota, khususnya kelompok tani hutan," ujarnya

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BDLHK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Puji Iswari berpesan kepada penyuluh untuk bisa menjadi agen penyebar kebaikan di lingkungan mereka menyuluh. Pasalnya, penyuluh harus memiliki karakter yang menyenangkan dan dapat ditiru oleh petani dan masyarakat.

"Prestasi ini harus terus ditingkatkan lebih baik lagi ke depannya agar program lingkungan hidup dan kehutanan bisa berhasil," tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Diklat Pembentukan Penyuluh Kehutanan Tingkat Ahli Tahun 2019 merupakan diklat pertama kalinya bagi Kementerian LHK menyelenggarakan metode pembelajaran campuran online dan tatap muka (blended learning) dengan pendaftaran dibuka secara nasional.

Secara keseluruhan hasil evaluasi penyelenggaraan Diklat Pembentukan Penyuluh Kehutanan Tingkat Ahli Tahun 2019 yang berlangsung mulai 8 Juli sampai 1 Agustus diikuti oleh 30 peserta diklat dari seluruh provinsi di Indonesia.